DPRD

SDN Semisir Gelar Pesantren Kilat Ramadan


SDN Semisir, Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kotabaru menggelar pesantren kilat Ramadan 1445 Hijriah.

Sekolah yang berada di ujung Pulau Laut Tengah ini berbatasan dengan Pulau Laut Barat, jaraknya dari kota Kabupaten Kotabaru 75 kilometer.

Kepala Sekolah SDN Semisir, Saifullah atau akrab disapa Ifunk ini, mengatakan kegiatan ini diikuti murid kelas IV, V, dan VI di sekolahnya.

Kegiatan ini bukan lah kegiatan baru, khususnya sekolah maupun madrasah, organisasi keagamaan, dan organisasi masyarakat lainnya tak ingin menyia-nyiakan bulan Ramadan yang penuh rahmat dengan mengisinya dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat salah satunya pesantren Ramadan.

Sementara, pelajaran yang disampaikan dalam kegiatan  pesantren Ramadan ini di antaranya tentang akidah akhlak, tauhid, tajwid, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan stop perundungan/bullying. 

"Materi dikemas sedemikian rupa agar menarik, menyenangkan, game, dan berpusat pada siswa," ungkap Koordinator Kegiatan sekaligus Guru Pendidikan Agama Islam di SDN Semisir. 

Seorang Guru SDN Semisir, H Yogo Purnomo Agung menambahkan, selain beragam materi, juga dilaksanakan salat zuhur berjemaah dan buka puasa bersama di akhir kegiatan.

"Alhamdulillah dihadiri oleh Ketua Komite beserta anggotanya, bahkan Bu Ely Rahmawati Ketua Komite berharap agar pelaksanaan pesantren Ramadan ini tetap dilaksanakan pada tahun mendatang," ujarnya.

Dilanjutkannya, pesantren Ramadan tentunya memberikan pendidikan agama Islam yang intensif kepada para peserta didik. 

"Hal ini membantu mereka untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, serta mempelajari akhlak mulia yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, melatih sikap mandiri, gotong royong, kreatif, dan mengasah kemampuan mereka untuk bernalar kritis, serta saling menghormati. Termasuk materi upaya pencegahan bullying di lingkungan sekolah," tuturnya.

Kegiatan pesantren Ramadan ini ditutup Komite SDN Semisir dibarengi dengan pembagian sertifikat secara simbolis kepada peserta.

Kegiatan yang dilaksanakan dari 18 - 20 Maret 2024 ini merupakan salah satu program SDN Semisir dan adanya edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru Nomor : 420/353/Umpeg-Set/Disdikbud, tertanggal 4 Maret 2024 tentang Pesantren Ramadan dan pemberian tugas-tugas keagamaan di masa libur peserta didik.

(Ril/IWAN)

Subscribe to receive free email updates: