DPRD

Bupati Kotabaru Hadiri Haul Habib Thoha di Pudi Seberang

(Foto: istimewa)

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menghadiri Haul Habib Thoha bin Seggaf Al-Aydrus ke- 45, Minggu (26/5/2024).

Acara haul diagendakan tiap tahun dilaksanakan di bulan Zulkaidah di Makam Habib Thoha bin Seggaf Al-Aydrus di Desa Pudi Seberang, Kecamatan Kelumpang Utara. pada

Dihadirkan sebagai penceramah Habib Muhamamd bin Seggaf Al-Aydrus dari Sungai Pinang Selaru Kotabaru. 

Juga tampak hadir, Ketua TP PKK Hj Fatma Idiana Sayed Jafar, Ketua DWP Kotabaru, staf dan ahli Bupati Kotabaru, SKPD, para ulama, habaib dan ratusan jemaah.

Acara diawali dengan pembacaan Maulid Habsyi Simtudduror oleh Maulid Habsyi Pesantren Miftahus Salam Pudi Seberang.

Bupati Kotabaru dalam sambutan tertulisnya  yang dibacakan Sekda Kotabaru H Said Akhmad mengungkapkan, peringatan haul merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat dan memperkokoh nilai-nilai agama dalam sanubari sehingga terwujudnya masyarakat yang selalu memegang teguh nilai-nilai agama, karena agama merupakan pondasi penting dalam kehidupan bermasyarakat.

"Banyak manfaat yang kita peroleh dari kegiatan ini antara lain untuk saling mendoakan, ajang silaturahmi dan majelis ilmu, selain tentunya untuk meneladani almarhum Al Habib Thoha bin Seggaf Al-Aydrus. Kita memiliki teladan dalam berakhlak. Selain itu, tentu saja teladan kita yang mulia Nabi kita Muhammad Salallahu Alaihi Wasalam," tuturnya.

Untuk itu, lanjutnya, peringatan semacam ini agar terus dipertahankan dan ditingkatkan, bukan hanya sebagai rutinitas semata, namun untuk dapat mencontohkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya mengajak masyarakat dan jemaah sekalian untuk selalu mempertahankan dan meningkatkan dalam bekerja dan berkarya dengan terus memperbanyak amal ibadah kebijakan, serta memperkuat ukhuwah islamiyah demi kerukunan dan kemaslahatan umat," ucapnya.

Selain itu, berharap dengan hadirnya kegiatan ini para jemaah dapat memaknainya dengan positif dan mampu menambah keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Di samping itu, saya berharap melalui kegiatan ini tercipta hubungan yang baik dan saling mendukung antar pemerintah, ulama dan masyarakat. Dengan begitu maka kebersamaan ini akan selalu bisa terpelihara dengan baik dalam rangka mendukung pembangunan daerah," katanya.

Sekda menambahkan, saat ini pemerintah daerah melakukan pembangunan Masjid Apung di Siring Laut dan merehab Masjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru  dan menyediakan dana untuk masyarakat Kotabaru ingin bersekolah ke Hadramaut  Yaman.

"Yang ingin bersekolah keluar negeri ke Yaman Hadramaut Pemerintah Kotabaru telah menyediakan dananya bagi masyarakat Kotabaru, dan nanti bisa menghubungi bagian Kesra," ujarnya.

Tak sekadar hadir, sekaligus diserahkan bantuan untuk kegiatan Haul Habib Thoha bin Seggaf Al-Aydrus ke- 45.

Sedangkan para jemaah yang hadir sudah disediakan makan dan minum yang langsung dibagikan panitia.

(Ril/Prakarsa)

Subscribe to receive free email updates: