DPRD

Pawai Taaruf MTQN Tapin, Kotabaru Tampilkan Masjid Apung

(Foto: istimewa)

Kafilah Kabupaten Kotabaru menampilkan Masjid Kapal Apung Siring Laut pada pelaksanaan Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-35 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tapin, Sabtu (27/04/2024) siang.

Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili Plt Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setda Provinsi Kalsel Ahmad Solhan, menyampaikan pelaksanaan pawai taaruf ini mengawali pelaksanaan MTQN.

"Pawai Taaruf ini merefleksikan bahwa kita benar-benar siap menyelenggarakan dan mendukung  event MTQN ke-35 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, dan Pawai Ta'aruf ini mengambarkan kebudayaan dan kesenian islam amat beragam," tuturnya.

Sedangkan, Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin memaparkan, peserta Pawai Taaruf dari 13 kabupaten/kota termasuk Kabupaten Tapin sebagai tuan rumah masing-masing mengangkat kearifan lokal yang ada di wilayah Kalimantan Selatan. Adapun dalam kategori lomba ini akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 32...juta.

Sekda Kotabaru H Said Akhmad saat menghadiri acara itu menjelaskan, dalam ikut meramaikan MTQN ke-35 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tapin Kabupaten Kotabaru menampilkan  Masjid Apung Siring Laut dalam rangka pengembangam wisata religius.

"Pada pawai taaruf hari ini kita menampilkan Masjid Apung kita, karena Kabupaten Kotabaru komitmen selain tempat wisata, dan bagaimana kita mengembangkan wisata religius salah satunya dengan mengangkat Masjid Apung kita yang mana Masjid Apung ini menurut saya salah satu Masjid pertama yang berbentuk kapal, karena sepengetahuan saya di daerah lain itu hanya berbentuk Masjid Apung, kalau daerah kita adalah Kapal Apung. Selain itu, kita juga ingin ikut serta dalam memeriahkan dan menyemarakan syiar islam melalui Musabaqah Tilawati Quran," katanya.

Kepala Kementerian Agama Kotabaru, H AKhmad Kamal, berharap agar kafilah Kabupaten Kotabaru terjaga secara mental dan fisik serta siap untuk berkompetisi bersama peserta yang berasal dari kabupaten lainnya.

"Untuk pawai taaruf ini kita ada 113 kafilah yang ikut memeriahkan MTQN ke-35, dan saya juga berharap agar para kafilah yang ikut berkompetisi untuk selalu menjaga kesehatan dan bisa mengharumkan nama Kabupaten Kotabaru," katanya.

Kabupaten Kotabaru peserta pawai taaruf urutan ketujuh dengan menampilkan hadrah yang diiringi dengan lantunan salawat yang dipimpin Asisten I dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setda Kotabaru dan diikuti Camat se-Kabupaten Kotabaru.

Kafilah Kabupaten Kotabaru membentangkan spanduk yang bertuliskan, "Dengan Semangat Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Mari Kita Membudidayakan Gemar Membaca Alquran."

Dalam kesempatan itu, Kafilah Kabupaten Kotabaru memberikan souvenir khas Kabupaten Kotabaru kepada Pj Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setda Provinsi Kalsel yang mewakili Gubernur Kalimantan Selatan.

Sementara, rute perjalanan yang dilalui peserta Pawai Taaruf dimulai dari Jalan Ruang Terbuka Publik Rantau, Jalan H Hasan Basri, Jalan A Yani Kupang, dan Perempatan Lampu Merah Kupang menuju Jalan H Isbat menuju Kota Rantau, lewat Jalan Rantau Margasari terus kembali ke Jalan H Hasan Basri dan selesai di Lapangan Dwidharma Rantau.

(Ril/Guntur)

Subscribe to receive free email updates: