DPRD

Polres Kotabaru Gelar Latihan Pra Operasi Ketupat Intan 2024

(Foto: Humas Polres Kotabaru)

Menjelang pengamanan Idul Fitri 1445 H, Polres Kotabaru menggelar latihan pra operasi Kepolisian terpusat Ketupat Intan 2024 di ruang Vicon lantai 2 Gedung Utama Polres Kotabaru, Selasa (02/04/2024) sekitar jam 14.30 WITA.

Kapolres Kotabaru AKBP Tri Suhartanto yang memimpin kegiatan ini.

Kapoltes mengatakan operasi ini akan digelar selama 13 hari dimulai tanggal 04 April - 16 April 2024. 

"Operasi ini digelar dalam rangka  pengamanan Idul Fitri 1445 H, mulai dari pengamanan arus mudik lebaran, kegiatan ibadah umat muslim hingga pengamanan di objek vital dan lokasi objek wisata yang ada di wilayah hukum Polres Kotabaru," katanya.

Kegiatan ini dihadiri Plh Waka Polres Kompol Nur Alam, para pejabat utama Polres Kotabaru dan Kapolsek jajaran Polres Kotabaru.

Setelah dibuka Kapolres,  Kasat Intelkam IPTU I Gusti Ngurah Utama memaparkan tentang perkiraan khusus operasi di wilayah hukum Polres Kotabaru. 

Disampaikannya, situasi aktual di Kabupaten Kotabaru situasi menjelang Idul Fitri 1445 H, sasaran pengamanan, potensi kerawanan dan ancaman Kamtibmas selama bulan Ramadan dan pengamanan Idul Fitri, serta saran rekomendasi cara bertindak yang akan dilakukan saat operasi. 

Kabagops AKP Abdul Rauf dalam paparannya menjelaskan tentang teknis pengamanan Idul Fitri 1445 H. 

Operasi bersifat terbuka dengan mengedepankan kegiatan Preemtif (pencegahan atau memberikan himbauan, dengan target 10 persen) dan preventif (pencegahan serta sosialisasi maupun penyuluhan yang ditargetkan, sekitar 20 persen) yang didukung dengan kegiatan Humas. 

Penegakan hukum dan bantuan operasi pemeliharaan keamanan yang dilaksanakan dengan memberikan perlindungan,  pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat merayakan ldul Fitri dengan rasa aman dan nyaman. 

Sementara, jumlah personil  yang dilibatkan dalam operasi tahun ini sebanyak 519 personel gabungan yang terdiri dari 301 personel Polri,  46 personel Kodim 1004 Kotabaru, 30 personil Lanal Kotabaru,  41 personel Satpol PP dan Damkar Kotabaru,  35 personel Dinas Kesehatan,  34 personel Dinas Perhubungan,  10 personel BPBD Kotabaru,  12 personil Senkom Mitra Polri,  4 personel Basarnas dan 6 personel Pramuka Saka Bhayangkara. 

Ditambahkannya,  tahun ini ada sebanyak 1 Pos pengamanan (Pospam) yakni di Siring Laut Kotabaru dan 3 pos pelayanan (Posyan) yang didirikan di pelabuhan penyeberangan Feri Stagen, pelabuhan penyeberangan Feri Tanjung Serdang, Kecamatan Pulau Laut Tengah dan pos pelayanan di daerah perbatasan Kalsel - Kaltim di Sengayam, Kecamatan Pamukan Barat, Kotabaru. 



Subscribe to receive free email updates: