DPRD

Acara Penutupan MTQ Ke-54 Kotabaru


Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydrus menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 Tingkat Kabupaten Kotabaru tahun 2024. 

Acaranya digelar di Lapangan Hijau Abdullah Tanjung Sungkai Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, Kamis (16/5/2024).

Camat Pulau Laut Tanjung Selayar, H Baharudin menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pendukung terlaksananya MTQ Nasional ke-54 Tingkat Kabupaten Kotabaru.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kotabaru Drs H Said Akhmad MM beserta anggota, SKPD dan pihak swasta serta masyarakat yang mendukung lancarnya pelaksanaan MTQ Kotabaru ke-54 di Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar sehingga acara ini berjalan dengan lancar," ucapnya.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydrus yang dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekda Kotabaru H Said Akhmad mengungkan rasa syukur kebanggaan serta apresiasi atas kelancaran dan suksesnya pelaksanaan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Kotabaru tahun 2024.

"Ini salah satu upaya memacu pengembangan tilawah, kemampuan anak didik hapalan serta pemahaman tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran," katanya.

Sekda menyatakan bahwa pelaksanaan MTQ kali ini merupakan MTQ dengan jumlah kafilah terbanyak.

Bupati berharap setelah penyelenggaraan kegiatan ini dapat menambah wawasan serta penghayatan dan cinta terhadap Alquran sehingga menjadi nilai ibadah di mata Allah SWT," imbuhnya.

Salah satu warga Kecamatan Tanjung Selayar Rusma mengaku sangat senang dengan dilaksanakannya MTQ ke-54 Tanjung Selayar karena ada beberapa pedagang dari luar seperti pedagang dari Pagatan Tanah Bumbu yang ikut meramaikan.

"Jarang sekali kami menikmati event seperti ini, karena dengan adanya event ini kami bisa menikmati makanan dari pedagang luar yang menggelar dagangannya," katanya.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H Akhmad Kamal dalam sambutannya memberikan penghargaan kepada masyarakat yang selalu memenuhi panggung MTQ utama Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar. 

"Kami mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Kecamatan Tanjung Selayar yang setiap malam selalu memenuhi panggung utama, semoga pelaksanaan kegiatan keagamaan seperti ini dapat mempererat tali silaturahmi," tuturnya.

Apresiasi disampaikannya kepada seluruh kecamatan yang aktif mengirimkan peserta untuk mensukseskan MTQ ke-54 ini. 

Berikut para pemenangnya.

Tilawah golongan dewasa

Qari terbaik I - Lukmanul Hakim dari Kecamatan Pulau Laut Utara.

Qariah terbaik I - Mahayani dari Kecamatan Pulau Laut Timur. 

Golongan remaja.

Qari terbaik I - Akhmad Nurdin dari Kecamatan Pulau Laut Utara.

Qariah terbaik I - Julia Salsabila dari Kecamatan Pulau Laut Timur.

Golongan Qira’at Sab’ah.

Terbaik I - Alfian Maulana dari Kecamatan Pulau Laut Utara.

Qariah terbaik I - Rina Mulyana dari Kecamatan Pulau Laut Utara. 

Golongan Tilawah Anak-anak.

Qari terbaik I - Sayyid Syarif Rezky Fadillah dari Kecamatan Pamukan Barat.

Qariah terbaik I - Naifatul Insyirah dari Kecamatan Kelumpang Hulu.

(Foto: istimewa)

Di akhir acara Bupati Kotabaru memberikan 10 bonus umroh melalui proses pengundian kepada pemenang MTQ dari golongan Qira'at Sab'ah, Syarhil Qur'an Putri, Hifzil Qur'an 1 juz Tilawah Putra, Khat Kontemporer Putra, Khat dekorasi putri dan 5 orang dewan hakim yang beruntung atas nama Sudirman, BQ, Siti Fatimah, Abdul Fitri, Akhmad Muhajir dan Diansyah.

Sedangkan untuk pawai taaruf.

Terbaik I dari Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar. Terbaik II Kecamatan Pulau Laut Utara. Terbaik III Pulau Laut Kepulauan.

Pemenang festival syair maulid utusan kecamatan Pulau Laut Utara terbaik 1, terbaik 2 Pulau Laut Tengah, terbaik 3 Pamukan Utara, Kelumpang barat terbaik harapan I.

Sementara untuk rangking kejuaraan daerah. Terbaik I  kecamatan Pulau Laut Utara, terbaik II Kecamatan Pulau Laut Sigam, dan terbaik III Kecamatan Pamukan Barat.

Untuk pelaksanaan MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Kotabaru Tahun 2025 yang terpilih sebagai tuan rumah, yaitu Kecamatan Pulau Sebuku yang ditandai dengan penyerahan bendera LPTQ dan piala bergilir oleh Bupati Kotabaru kepada Camat Pulau Sebuku.

(Ril/Guntur)

Subscribe to receive free email updates: